Terkini

Roti Gandum Bebas Gluten, Masa Sih?

4 Langkah Hilangkan Pahitnya Pare


Pare mungkin jarang yang suka lantaran pahitnya minta ampun. Padahal tumbuhan merambat ini banyak manfaatnya untuk kesehatan.

sayur buah pare atau peria
Foto: Simon Law / Wikimedia


Buah bernama latin Momordica Charantia ini dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan luka dan anti jamur, anti virus, bahkan digadang-gadang sebagai anti kanker.

Sederet khasiat di atas diharapkan sanggup memicu semangat kita agar memasukkan pare dalam menu harian. Jika anggota keluarga kurang suka gegara rasa pahit yang ditimbulkan, hanya perlu mengakali kok dalam pengolahan resep menggunakan buah ini.

Yuk, simak langkahnya.

1. Kikis bagian kasar pare yang bergelombang. Cara ini membuat pare lebih halus dan pahitnya berkurang.

2. Selain cara di atas, tambahkan lagi dengan membuang biji pare sebelum memasak.

3. Dua hal tadi: menghilangkan permukaan kasar dan membuang biji sudah dilakukan, apa lagi? Coba masukkan garam ke dalam pare yang sudah dipotong-potong tadi. Gosok keduanya di dalam wadah, misalnya mangkuk, selama 20-30 menit sebelum memasak.

4. Seraya menggosok pare dan garam, sekalian mencuci lagi pare tersebut dengan air mengalir sambil memerasnya pelan agar pahitnya makin berkurang.

Selesai deh, sekarang pare siap digunakan untuk memasak.

Nah, ada satu opsi lain yang boleh dicoba selain memakai cara di atas. Tuang yogurt ke dalam mangkuk, tambahkan sedikit air agar lebih encer. Lalu masukkan pare sekitar 1 jam. Setelah itu pare siap dipakai.





Artikel Terkait

Komentar

Posting Komentar