Terkini

Roti Gandum Bebas Gluten, Masa Sih?

Cara Memilih dan Merawat Telur

Mendekati akhir tahun dan hari raya, tersiar kabar harga telur naik lagi. Lonjakannya  lumayan, dari Rp 22 ribu kini mencapai Rp 27.000 per kilogram. Bagi pengusaha kuliner yang selalu menggunakannya sebagai bahan masakan harus berpikir keras menyiasatinya. 

 
Satu langkah awal penghematan tentunya memiliki pengetahuan cukup cara memperlakukan telur yang tepat. Tentu sayang jika Anda harus membuang beberapa butir telur karena salah memperlakukannya.

Nah, beberapa tips berikut ini semoga dapat membantu.

Wadah khusus

Cukup sulit mengetahui kondisi telur yang sehat atau sudah busuk. Ok, bisa saja sih merendam telur yang baru kita beli ke dalam air, seperti disebutkan pada tips milik wikihow. Kalau tenggelam berarti telur sehat. 

Namun disebutkan pula dalam tips tersebut, cara terakhir yakni memecahkan telur. Nah, ini repotnya. Jika Anda sedang membuat kue dan telah mengikuti tips pertama (merendam telur) tapi ternyata telur tersebut kurang bagus padahal sudah nyemplung ke adonan, akhirnya terbuang deh.

Sebaiknya, pecahkan telur di wadah khusus. Jika bagus langsung tuang ke adonan, dan jika busuk sisihkan untuk kebutuhan lain. Misalnya, bisa sebagai olesan.

Cukup Tiga Hari

Jika Anda menyimpan telur pada suhu ruang, jangan lebih dari 3 (tiga) hari. Tapi kalau ingin disimpan untuk waktu lama, masukkan dalam wadah tertutup lalu simpan di dalam kulkas.

Jangan Dicuci
Jangan mencuci telur yang akan disimpan. Proses mencuci akan membuat pori-pori kulit telur terbuka dan bisa menjadi pintu masuknya bakteri. 

Kuning Telur di Tengah

Ingin kuning telur rebus persis di tengah? Saat mulai merebus, aduk dengan pelan. Supaya kulit telur tidak retak, suhu telur dan air harus sama saat mulai perebusan. Lalu bagaimana jika membuat gulai telur dan ingin bumbunya meresap? Memasaklah dengan api kecil hingga matang.

Ada lagi nih tambahan info untuk Anda yang sedang mengatur pola makanan dan ingin olahan telurnya sehat.

Pertama, kalau sedang diet sebaiknya makan telur rebus dan hindari telur yang digoreng.

Kedua, padukan telur dengan sayur. Boleh dicampur saat memasak atau disajikan terpisah. Gunanya agar Anda mendapat protein sekaligus serat berguna bagi tubuh.


Ketiga, Jangan terlalu matang saat memasak telur. Karena semakin banyak nutrisi yang bisa hilang dari telur. Khususnya vitamin. Sekiranya telur sudah matang, maka angkatlah dan segera sajikan.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Komentar