Terkini

Roti Gandum Bebas Gluten, Masa Sih?

Mengenal Klepon di Penjuru Nusantara


Anda pasti tahu klepon atau kelepon, bentuknya bulat berwarna hijau ditaburi parutan kelapa. Begitu digigit, larutan gula di dalamnya langsung muncrat keluar. Orang yang pertama kali merasakan, seringkali tertipu sehingga cairan tersebut mengotori mulut, bahkan mungkin pakaiannya. Cara konsumsi yang tepat yakni mengulumnya di dalam mulut.

 
klepon strawberi pawondina
Klepon aroma strawberi Pawondina


 Dari mana asal klepon, tak ada yang tahu pasti. Penganan dari ketan ini dapat dijumpai di seluruh Indonesia. Jawa mungkin mengklaim jadi tempat kelahiran klepon, tapi sulit dibuktikan. Jadi, kita coba telusuri saja hal-hal unik klepon di penjuru Nusantara.

Kampung Klepon

Jika Anda berkunjung ke Desa Bulang, Sidoarjo, Jawa Timur, mungkin seolah masuk surga. Tapi khusus klepon. Tempat ini memang dijuluki “Kampung Klepon”, pasalnya akan mudah terlihat penjaja makanan ini berjajar sepanjang jalan.

Dikutip dari Surya, klepon di Bulang paling terkenal milik Bu Nunuk. Konon, keluarga Bu Nunuk perintis kedatangan jajanan pasar ini di Bulang. Ia merupakan generasi ketiga yang menjual klepon, dan sekarang akhirnya menjamur ke seluruh desa.


Klepon Termasyhur di Dunia

Lompat ke Pulau Dewata, terdapat daerah yang kian populer di mata dunia berkat klepon. Tempatnya adalah Gianyar. Di sana ada sebuah toko milik Ida Bagus Nyoman di Jl. Kalantaka, produsen klepon paling masyhur. Almarhum Bondan Winarno menyebutnya, “Kelepon paling mak nyuss.”

Tak cuma Bondan, ahli kuliner Indonesia William Wongso pernah berkicau di Twitter lantaran “terpenjara” oleh kenikmatan klepon Ida Bagus. "Best Klepon Gianyar #ceritarasaww #acmi #cintamasakanindonesia  @santhiserad #cintajajan," begitu kicaunya.

Mengapa klepon di sini sangat lezat, ternyata racikannya berbeda dengan penganan serupa di Jawa, atau tempat lainnya. Jika kita biasanya mengenal klepon berisi gula merah serut, klepon Gianyar isinya kinca (gula merah dilarutkan) ditambah aroma nangka, dan direbus. Hasilnya, kulit klepon terasa lebih moist dan cairan gula yang meletus di dalam mulut menimbulkan sensasi berbeda.


Klepon Martapura

Bentuknya mirip dengan klepon yang kita kenal. Bulat, kenyal, lengket, dan bertabur parutan kelapa. Isinya pun dari gula merah yang disisir halus. Bedanya, bulatan klepon Martapura lebih kecil. Penduduk asli sering menyebutnya “Pecah di ilat” atau pecah di mulut.


Kembaran Dango

Sejumlah orang menyebut klepon Indonesia punya saudara kembar dari Jepang, namanya dango. Sepertinya kurang tepat. Bahan bakunya memang serupa dari tepung beras yang diulen dan dicelupkan ke dalam air panas (mirip proses pembuatan klepon gianyar), tapi dango tak diisi cairan gula.

Dango biasanya ditusuk seperti sate. Menurut Wikipedia, satu tusukan berisi 3,4, atau 5 butir disebut kushidango. Uniknya, setiap daerah di Jepang berbeda jumlah dango pada setiap tusuknya.

Umumnya dango rasanya tawar, walau ada yang memasukkan gula ke dalam adonannya sehingga lebih manis. Nah, cara mengonsumsi dango yang tawar ini dicelupkan ke dalam saus yang rasanya asin-manis (kecap asin dicampur gula pasir) atau murni asin (kecap asin).


Klepon Kekinian Jakarta

Beberapa tempat makan di Ibu Kota tak mau stagnan dengan sajian klepon original yang begitu saja. Akhirnya, muncullah klepon inovasi dengan bentuk, bahan, dan sajian berbeda. Anda bisa coba klepon jaman now di beberapa tempat berikut:

Starbucks Coffee Serpong – menyajikan donat klepon

Kopi Kitchen Kemang – klepon bertransformasi jadi cake klepon

Union Pantai Indah Kapuk – minuman beralkohol berlabel klepon colada

Locarasa Kemang – klepon gelato yang dingin dan segar

District 7 Coffe Pantai Indah Kapuk – roti klepon. Bentuknya mirip roti goreng yang bulat dengan isian unti kelapa.


Nah, Pawondina juga memproduksi klepon sesuai pesanan. Beberapa waktu lalu kami membuat klepon aroma strawberi. Gambarnya yang jadi foto utama di artikel ini. Ingin mencoba, silakan order di sini.





Artikel Terkait

Komentar