Terkini

Roti Gandum Bebas Gluten, Masa Sih?

Makanan Pemicu Semangat di Senin Pagi


Hari Senin datang lagi. Hari yang “horor” kata seorang teman. Butuh doping khusus agar semangat beraktivitas. Makanan favorit pun disiapkan sejak pagi, atau setidaknya mengincar menu tertentu saat waktu makan siang tiba.

sarapan pagi di tempat tidur
Sarapan pagi di tempat tidur (Foto: Pexels.com)


Ok, teman saya mungkin termasuk beruntung. Bekerja di perusahaan bonafid dengan posisi lumayan, dapat memilih jenis makanan yang ia mau. Segala macam restoran atau cafe begitu mudah jadi lokasi lunch yang berganti-ganti tiap hari. Alhasil, ia dengan mudah membangun mood kembali.

Lah bagaimana dengan yang berkantong cekak, atau ibu rumah tangga yang mesti berpikir keras setiap belanja di pagi hari: hari ini masak apa yang bikin seluruh keluarga mau makan?

Setelah tanya sana-sini dan telusuri dunia online hingga menguras kuota (ah lebay), ternyata nggak harus berkantong tebal untuk mendongkrak mood di hari Senin. Ada kok jenis makanan dan minuman yang konon, bisa bikin kita semangat lagi. Setidaknya, kita nggak jadi deh nyanyi keras-keras “I Don’t Like Monday” sambil menyelesaikan kerjaan.

Nih, coba cek daftarnya dan silakan dicoba.


Gula pasir
What? Ini saran atau penyesatan, mau bikin diabetes? Nggak kok. Konsumsi gula di pagi hari ternyata bagus karena menstimulasi pelepasan acetylcholine, yaitu zat kiawi pada otak yang meningkatkan memori otak.

Tapi jangan rakus juga sih dengan gula yang manis. Cukup satu sendok saja dimasukkan ke dalam secangkir teh atau kopi. Pasalnya, terlalu banyak malah membuat tubuh melepas serotonin, ya akhirnya bikin kita tambah ngantuk.


Omega 3
Di mana kita memperoleh zat Omega 3 dengan mudah? Tepat, paling mudah dari ikan. Contohnya Salmon, ikan jenis ini akan meningkatkan 97% dari asam lemak omega-3 ke otak. Jadi, alangkah baik kalau siapkan menu berbahan ikan untuk menghadapi Senin pagi yang hectic.




Makanan Pedas
Makanan yang pedas dipercaya dapat memompa aliran darah lebih  cepat. Mungkin itulah penyebab saya merasa lebih semangat ketika sarapan nasi goreng. Walau demikian, tetap kontrol level pedas ya, jangan berlebihan. Yang penting, sedikit pedas itu bagus kok, dan nggak harus dari cabe sih. Bisa juga dari jahe. Ya, coba deh masukkan sekeping jahe (sudah dikupas atau digeprek) ke dalam teh panas.


Permen Jahe
Masih ada hubungannya dengan makanan pedas. Ada cara lebih praktis daripada memasukkan jahe ke dalam cangkir teh, yakni siapkan saja permen jahe. Taruh di samping tempat tidur bersama segelas air. Ketika alarm saat subuh berbunyi, langsung minum air yang sudah disiapkan, lalu buka sebungkus permen jahe dan kunyah segera. Selamat menikmati rasa pedasnya yang membuat mata Anda langsung terbelalak hehehe.

 
Kedelai
Susu kedelai bisa jadi pilihan ketimbang susu sapi. Ternyata, di dalam kedelai terkandung senywa yang disebut isoflavones, manfaatnya membantu menjernihkan pikiran Anda (dan melawan kehilangan memori pada otak). Kalau nggak ada susu kedelai, bisa juga gunakan tempe atau tahu. Kalau saran yang ini, saya percaya nggak mahal kan demi menambah semangat kita?

 
Kopi
Caffeine dalam kopi dapat membantu tingkat kesadaran kita. Di dalam tubuh, caffeine membantu proses pelembaban zat kimia yang disebut adenosine. Hasilnya, Anda bisa berpikir cepat, menyupir lebih baik, dan tidak cepat lupa. Nah, nggak salah kan kalau sering dengar seorang teman tiba-tiba teriak, “Ngopi woiii ngopi, diem-diem baeee.”







Artikel Terkait

Komentar

Posting Komentar