Terkini

Roti Gandum Bebas Gluten, Masa Sih?

8 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi


Kolesterol adalah unsur lemak yang terdapat di dalam beberapa bahan makanan dan buah-buahan. Jadi tidak saja dalam daging yang berlemak, tetapi juga dalam udang, santan, minyak kelapa, buah alpukat, durian, kuning telur dan sebagainya.

Foto: Rawpixel / Pixabay

Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk proses regenerasi sel tubuh. Tetapi yang berbahaya adalah jika kandungan kolesterol dalam darah berlebih. Jadi kalau kita terlalu banyak makan bahan makanan yang mengandung kolesterol, maka unsur-unsur lemak berlebihan ini akan bertumpuk dan melekat pada dinding pembuluh darah. Akibatnya aliran darah mengalami hambatan, sehingga fungsi jantung juga jadi tidak sempurna.

Orang yang sering mengeluh sakit di bagian jantung, semestinya diperiksa kadar kolesterolnya melalui pemeriksaan darah. Orang gemuk pun tak jarang mempunyai kadar kolesterol tinggi.

Tetapi hal ini jangan membuat Anda kuatir mengonsumsi makanan kesukaan yang menjadi pantangan, yang penting tidak berlebihan. 

Hal-hal yang mesti dilakukan bila Anda mengalami kelebihan kolesterol antara lain :

1. Mengurangi masakan menggunakan daging merah, seperti daging kambing, sapi, dan jerohan yang penuh dengan lemak.

2. Memilih susu bubuk lebih baik dari pada susu murni.

3. Memilih ikan yg tidak banyak mengandung lemak contohnya seperti ikan patin dan lele.

4. Menggunakan minyak goreng dan margarin yang terbuat dari bahan jagung, kacang kedelai, biji bunga matahari. Santan dan minyak kelapa sangat tinggi kadar kolesterolnya, jadi harus dihindari.

5. Kurangi makan keju dan kuning telur.

6. Memilih masakan yang dipanggang, karena lebih baik dari pada digoreng.

7. Batasi makan puding, biskuit dan makanan dalam kaleng. Karena kita tidak tau lemak apa yang dipakai dalam makanan dalam kaleng.

8. Terakhir lakukan olahraga secara rutin agar peredaran darah menjadi lancar.

Banyak sekali hidangan yang berkolesterol rendah yang dapat kita pilih. Seperti semua hidangan sayur dan lalap, tempe dan tahu, sate, soto, dan lain-lain asal tidak ada lemak daging, tidak bersantan, dan tidak memakai minyak kelapa. Dengan demikian keluarga akan tetap sehat, sebab pilihan menu yang disusun lezat dan tidak berkolesterol tinggi.





Artikel Terkait

Komentar

Posting Komentar