Terkini

Roti Gandum Bebas Gluten, Masa Sih?

Tips Membersihkan dan Mengatur Kulkas


Kulkas merupakan satu dari perabot yang penting dijaga kebersihannya. Pasalnya, beberapa penelitian menyebutkan bakteri dan kuman bisa tumbuh di dalamnya. Maka, kita harus merawat lemari es tersebut dengan rajin membersihkan, setidaknya dua minggu sekali, dan mengatur isinya agar lebih rapih dan mudah diawasi tingkat kedaluarsanya.

kulkas dan lemari es


Jika Anda berencana membersihkan kulkas di akhir pekan ini, siapkan dulu alat-alatnya yakni: lap basah, lap kering, sikag gigi bekas, alat semprotan, air panas, dan tentunya sabun atau cairan pembersih.

Sudah siap semua perlengkapannya? Ok, kita mulai bersihkan kulkas mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

1. Pastinya yang pertama cabut dulu kabel power kulkas dari stop kontak, ya. Anda pasti nggak mau sedang asik bersih-bersih terkena sengatan listrik, kan.

2. Mulai kosongkan isi kulkas. Keluarkan semua bahan makanan, saus, kue, sayur, apapun itu. Oh ya, sebaiknya sekaligus mengelompokkannya sesuai jenis dan tanggal kedaluarsa.

3. Cabut semua rak dan laci di dalam kulkas. Lebih baik memakai sarung tangan untuk menghindari licin.

4. Kulkas sekarang sudah kosong. Biarkan dulu. Kita beralih ke laci dan rak. Pisahkan laci dan rak yang berbahan kaca dengan berbahan plastik. 

4.a. Bahan plastik bisa langsund direndam ke dalam air panas dan dicuci menggunakan sabun. 
4.b. Bahan kaca didiamkan dulu sekitar 5-10 menit, sampai suhunya naik menyerupai suhu ruangan. Setelah itu barulah rendam ke air panas dan cuci dengan sabun. Kaca yang dingin tak boleh langsung direnam ke dalam air panas, bisa retak atau pecah. 

5. Keringkan rak dan laci setelah dicuci. 

6. Kita beralih ke kulkas. Campurkan larutan pembersih dengan air panas, masukkan ke botol semprotan (spray). Bersihkan dinding kulkas dengan menyemprot ramuan tadi, mulai dari bagian atas hingga ke bawah, untuk mencegah tetesan pada permukaan yang sudah bersih.

7. Gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat sela-sela kecil di dalam kulkas. Mulai dari sudut penyangga rak, hingga segel karet di pintu kulkas. 

8. Bilas seluruh dinding kulkas yang baru saja dibersihkan dengan lap basah. Setelah itu barulah gunakan lap kering.

9. Bagian dalam sudah bersih. Lakukan hal serupa dengan eksterior kulkas. Namun hati-hati, kalau lemari es berbahan stainless steel, gunakan kain kain lembut non-abrasif untuk membersihkannya. 

10. Bilas hasil cucian dengan lap basah, dan setelah itu gunakan lap kering.

Selesai. Sekarang saatnya kembali mengisi kulkas. Nah, agar tak berantakan atau asal taruh sehingga kulkas mudah bau di kemudian hari, ada baiknya ikuti ide-ide di bawah ini hasil penelusuran kami.

1. Gunakan label untuk memberi nama pada makanan dan minuman: tanggal mulai menyimpan dan tanggal kedaluarsa. Walau pada kemasan biasanya tertera tanggal expiry date, bisa saja tulisannya terlalu kecil atau sobek oleh berbagai sebab. Lebih baik buat lagi agar Anda tak mudah lupa atau lalai.

2. Wadah khusus seperti kantung kain atau plastik dapat digunakan untuk menyimpan bahan makanan tertentu.

3. Pakailah alas plastik untuk rak di dalam kulkas. Dengan cara ini, kegiatan bersih-bersih akan lebih mudah nantinya. 

kulkas ide unik klip
foto: Reddit.com


4. Ide berikut ini mungkin bisa ditiru: memakai klip kertas untuk menyimpan makanan beku (frozen food) atau makanan kemasan lain yang memungkinkan untuk digantung.

5. Jika Anda membeli telur dalam kemasan, jangan buang kardus wadahnya. Bisa dipakai untuk menaruh saus atau kecap botol yang isinya sudah hampir habis.

6.  Bisa juga menggunakan magnet untuk ditempel di langit-langit lemari es, sehingga area penyimpanan lebih maksimal.

Foto: www.uncommongoods.com


7. Boleh mencoba pakai whiteboard yang ditempel di dinding luar kulkas. Papan ini untuk menulis stok bahan makanan yang masih ada dan yang hampir habis. Cara ini mungkin berguna bagi Anda yang biasa melakukan belanja bulanan dan menumpuk bahan makanan dalam jangka waktu lama.





Artikel Terkait

Komentar