Terkini

Roti Gandum Bebas Gluten, Masa Sih?

5 Makanan Penting di Musim Hujan untuk Kekebalan Tubuh

Hujan makin sering turun nih di akhir tahun. Memang musimnya sih. Tapi cuaca masih sering berubah, pagi sampai siang cerah dan bikin gerah, tiba-tiba langit gelap dan tumpah deh air dari langit. Alhasil, kita harus pandai-pandai menjaga kekebalan tubuh agar tak gampang sakit. Salah satunya dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi.


payung di musim hujan
Musim hujan telah tiba (Foto:


Mungkin langsung berpikir makanan hangat seperti soto, sop, mie instan, dan minum bandrek, sekoteng, atau bir pletok. Memang tidak salah, walau demikian ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh kita.

Apa saja, tuh?

1.Makan buah
Sebenarnya mengonsumsi buah bagus di tiap musim. Namun prioritaskan yang banyak mengandung vitamin C seperti pepaya, peach, jeruk, tomat, dan delima. Bagi penggemar apel silakan diteruskan, karena “An apple a day keep you away from a doctor” ada benarnya. Oh iya, jangan lupakan pisang. Mengapa? Pisang sangat kaya dengan vitamin dan mineral, dan baik untuk membantu proses pencernaan.


Baca juga: Risoles Pisang Coklat



2. Bawang putih
Musim hujan identik dengan pilek atau flu. Dan bawang putih adalah juru selamatnya. Iya, orang tua kita sejak zaman buyut selalu menggunakan bawang sebagai pencegah dan penyembuh pilek. Maka, biasakan bawang putih jadi bagian dari sajian dalam menu masakan di meja makan.


3. Makanan pahit
Jangan sungkan mengonsumsi pare. Kendati pahit, pare dapat meningkatkan sistem imun. Jangan salah, buah ini ternyata banyak mengandung vitamin C juga lho. Pare pun bisa mengobati penyakit pernapasan seperti asma dan batuk. Apa lagi buah atau sayur yang pahit? Silakan isi di kolom komentar, ya. Tapi jangan bilang, "pahitnya kenangan kita berdua." Hadeeeuh...



bumbu rempah-rempah
(Foto:


4. Makanan pedas
Sebagian orang memiliki alergi pada kulit di saat musim hujan, terutama lantaran perubahan suhu ekstrim dari panas ke dingin. Sebagai penawar cobalah mengonsumsi makanan pedas berbahan cabe. Mengapa? Makanan pedas dapat meningkatkan suhu tubuh dan membantu melancarkan peredaran darah. Tapi, mereka yang punya gangguan pada pencernaan tetap waspada ya, jangan terlalu nafsu makanan pedas nanti akhirnya sakit perut.


5. Sayuran kukus
Sebenarnya tak salah jika kita menggemari sayuran mentah, asalkan dicuci bersih. Nah, ketimbang ragu-ragu dengan kebersihan sayur, tak ada salahnya kita lebih memilih sayuran yang dikukus agar bakteri aktif dapat diminimalisir. Terlebih, sayuran kukus ternyata mampu membunuh virus yang berkembang di saat penghujan.




Artikel Terkait

Komentar