Terkini

Roti Gandum Bebas Gluten, Masa Sih?

Sawi Putih Setara dengan Jeruk. Ini Tiga Manfaatnya

Sawi putih tergolong jenis sayuran yang mudah didapat. Belakangan ini, pamornya naik ketika kimchi, sejenis asinan khas Korea jadi tren. Bahannya memang bisa dibuat dari sawi jenis ini. Tapi yang sering dijumpai, kalau kita makan capcay pasti ada sawi putih.

Mengapa sawi begitu populer, padahal warnanya pucat tak seperti sayuran hijau lainnya?


Sawi putih
Sawi putih di meja pedagang sayur (Drab Makyo/Wikimedia creative commons 2.0)



Rupanya, banyak loh manfaat sawi putih. Pertama, mengandung vitamin K, sehingga sangat baik untuk mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Di dalam tubuh, vitamin K punya andil besar mengatur protein tulang dan menjaga kalsium.

Kedua, sawi putih juga dilengkapi zat besi dan magnesium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tiga, Sawi putih juga mengandung vitamin E dan vitamin C. Kombinasi kedua vitamin ini sangat baik untuk mengusir kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Vitamin E juga kita ketahui memberikan manfaat untuk kesehatan kulit tubuh kita sebagai antioksidan yang kuat. Sehingga dapat melindungi tubuh dari resiko serangan kanker.

Betakarotennya juga sangat baik untuk mencegah oksidasi kolesterol LDL.

Selain itu, sawi putih juga mengandung niasin yang menurunkan proses aterosklerosis alias penumpukan lemak dalam pembuluh darah. Sehingga bisa menurunkan kemungkinan serangan jantung.

Kandungan vitamin A dalam sawi putih banyak memberikan manfaat untuk kesehatan mata kita. Karena bersifat antioksidan dan dapat melindungi sel-sel pada mata.

Dalam jumlah yang sama, vitamin C-nya juga hampir setara dengan buah jeruk. Jadi dengan mengonsumsi sawi putih kita bisa memenuhi kebutuhan vitamin C untuk tubuh kita.

Nah, jangan ragu lagi untuk menyajikan sawi putih dalam menu hidangan sehari-hari, ya Bunda. Selain murah dan mudah didapat, sawi putih sangat bermanfaat untuk tubuh kita.




Mau order di PAWONDINA silakan pilih:
frozen
kue basah
snack

Artikel Terkait

Komentar