Terkini

Roti Gandum Bebas Gluten, Masa Sih?

Cara Bikin Risoles Anti Pecah dan Renyah


Risoles Mayo
Risols yang renyah, gurih, dan enak


Risoles adalah jenis cemilan yang banyak dijual. Rasanya yang gurih, renyah di luar dan lembut di dalam membuat risoles sangat diminati.

Seperti apa sih risoles yang enak? Banyak orang bilang harus tipis kulitnya, tapi isinya padat dan lezat. Untuk menghasilkan risoles seperti itu tentu ada beberapa tips yang harus dilakukan. Berikut tipsnya.


A. Kulit


1. Adonan harus encer. Agar kulit risoles tipis, adonan harus encer. Makin kental adonan, maka kulit yang dihasilkan juga jadi tebal.  Bila kulit terlalu tebal, maka kulit risoles susah dilipat dan mudah sobek.

2. Adonan encer tadi didapat dari campuran terigu, sedikit tepung tapioka, sedikit garam, telur, minyak sayur atau bisa diganti dengan margarin cair, dan susu yang bisa diganti dengan air biasa.

3. Untuk mendapatkan kulit yang lentur, selain perbandingan bahan yang tepat, panasnya wajan dan besarnya api kompor juga harus diperhatikan. Tidak boleh terlalu panas tapi juga jangan sampai kurang panas.



B. Isi


Isi risoles dulu hanya tumisan wortel, kentang, ditambah daging cincang atau daging ayam suwir. Tapi sekarang banyak dijual risoles dengan berbagai variasi isian. Mulai dari mayonise yang dipadu daging olahan, atau apapun yang dirasa enak dan cocok dipadukan dengan kulit risoles.

Bahkan sekarang ada juga jenis risoles dengan isian manis, yang terdiri dari buah-buahan, coklat, atau keju. Dan semua jenis isian ini ternyata juga banyak diminati orang.


C. Teknik menggoreng


1. Tahapan menggoreng sangat penting dalam pembuatan risoles. Karena bila salah, risoles bisa pecah.

Risoles sebenarnya sudah matang sebelum digoreng. Jadi tujuan menggoreng hanya membuat warna risoles jadi kecoklatan dan memberikan tekstur renyah. Karena itu saat menggoreng jangan terlalu lama.

2. Wajan untuk menggoreng sebaiknya lebih datar, jangan yang cekung. Agar risoles tidak tenggelam dan menempel di dasar wajan.

3. Makin encer isian risoles, makin mudah pecah kulitnya. Karena saat digoreng isian akan mendidih terkena minyak panas.

4. Saat menggoreng, risoles tidak perlu diaduk. Cukup dibalik saja sampai warnanya rata kecoklatan, setelah itu risoles langsung diangkat.



D. Hasil gorengan tidak berminyak


1. Agar tidak terlalu banyak minyak dari hasil menggoreng risoles, setelah matang tiriskan minyak dengan cara menyimpan risoles di posisi berdiri agar minyak turun. Kemudian pindahkan ke kertas serap minyak agar risoles lebih kering.

2. Risoles yang masih panas jangan ditindih supaya tetap gembung dan tidak pecah.


 
Mau order di PAWONDINA silakan pilih:
frozen
kue basah
snack

Artikel Terkait

Komentar