Terkini

Roti Gandum Bebas Gluten, Masa Sih?

Cara Membuat Kulit Pie yang Renyah


Bagi Anda pecinta jajanan, pie mungkin sudah tidak asing lagi (lidah kita terkadang menyebutnya “pai”) . Meskipun bukan asli dari Indonesia, makanan ini sudah banyak penggemar. Saat ini banyak bermunculan pie dengan bentuk dan isian beraneka ragam. 


pie enak
Makan bersama dengan menu pie 


Konon kue panggang ini sudah ditemukan sejak zaman Romawi kuno. Di era tersebut (bahkan hingga abad pertengahan di Eropa) adonan pie yang merupakan sejenis pastry ini digunakan sebagai pembungkus daging dan bahan-bahan lainnya agar tetap lembab selama dimasak. Selain itu agar isinya kedap udara serta tidak mudah basi. 

Bahan kulit pastry ini keras dan padat. Terbuat dari terigu, suet ( lemak daging sapi ), telur dan bahan lainnya. Namun seiring dengan perkembangan kuliner, lambat laun kulit pie diciptakan sedemikian rupa dengan komposisi terigu yang sudah ditentukan, sehingga kulit pie dapat divariasikan bersama isinya. 

Berkat keunikan cita rasanya, pie akhirnya menyebar ke seluruh Eropa termasuk Inggris. Di negara Big Ben inilah, penganan tersebut mendapat tempat di masyarakat. Sekitar tahun 1500an, resep pie mulai menggunakan berbagai jenis buah-buahan sebagai isinya.

Setelah populer di Inggris, pie kemudian merambah ke Amerika seturut migrasi para Englander ke benua baru itu. Di sinilah olahan pie dengan berbagai jenis isian semakin berkembang, terlebih Amerika menjadi Dream Land berbagai bangsa yang otomatis mengimpun segala tradisi dan budaya.

Membuat adonan kulit pie sebenarnya relatif mudah. Hanya saja membutuhkan waktu untuk mengolahnya. Berikut yang harus diperhatikan dalam pembuatannya.

1. Baca dan pelajari isi resep dengan cermat. Mulai dari jenis bahan yang digunakan, pengukuran yang tepat, sampai persiapan alat dalam kondisi bersih dan kering. 

2. Aduk adonan pie hingga berbutir halus dengan menggunakan spatula atau garpu, dan jangan terlalu sering terkena tangan. Karena panas tangan dapat mematangkan adonan. 

3. Adonan pie perlu didiamkan beberapa saat dalam suhu dingin agar semua bahan menyatu. 

4. Setelah itu, pipihkan adonan pie cukup tipis kurang lebih 1/2 cm. Taruh di loyang atau cetakan pie yang telah dioles margarin. Lalu tekan-tekan sedikit sampai berbentuk di cetakan. 

5. Tusuk-tusuk kulit pie agar saat dipanggang tidak menggembung.


 Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba, ya.







Artikel Terkait

Komentar