Terkini

Roti Gandum Bebas Gluten, Masa Sih?

Tips Kulit Kue Sus Garing dan Renyah

kue sus
Ilustrasi kue sus (Two Helmets Cooking; CC BY 2.0 license; via Wikimedia Commons)




Kue Sus (lidah Belanda menyebutnya Soes, orang Prancis bilang pastry choux) termasuk kue yang punya penggemar paling banyak. Kehadiran sus tak pernah ditolak, kapan dan di mana saja, sus bisa disajikan dan selalu digemari. Mungkin karena termasuk kudapan ringan, ya. Rasa gurih mentega (cenderung hambar sih) di kulit berpadu dengan manisnya vla. Pokoknya bikin ketagihan.

Saat ini kue sus tidak hanya disajikan dengan tambahan vla yang manis. Sudah tersedia variasi isian sus gurih yang terbuat dari tumisan daging, sampai keju dan sayuran. Seperti disebut di atas, rasa kulit sus yang cenderung hambar mudah dipadukan dengan rasa apa saja. 

Selain sus dengan isian vla manis atau olahan berasa gurih, ada juga sus kering yang biasa dijadikan cemilan selingan. Kulit sus dibuat kecil-kecil lalu dipanggang sampai garing dan renyah. 

Walau pembuatan kue sus relatif mudah, tak jarang loh yang mengalami kegagalan. Misalnya saja kulit sus kempes atau kurang mengembang. Nah, makanya perlu penanganan spesial agar olahan sesuai harapan. 

Ada beberapa tips sukses membuat kulit sus. Diantaranya berikut ini. 

-- Hasil sus yang baik sangat tergantung pada cara mengaduk adonannya. 

Kecilkan api ketika memasukan tepung ke dalam campuran air mentega yang sudah mendidih. Aduk agak lama sampai benar-benar kalis. 

-- Masukkan telur satu persatu ke dalam adonan yang sudah benar-benar dingin. 

-- Aduk terus adonan sesering mungkin agar hasil sus berongga dengan sempurna. 

-- Pastikan oven benar-benar panas sebelum adonan dipanggang. 

-- Jangan buka oven sebelum sus benar-benar matang, atau paling tidak sampai mekar sempurna. 

-- Setelah matang, dinginkan sus lalu simpan dalam wadah yang tertutup agar kulit sus tidak kering. 

-- Sus kering yang renyah sangan bergantung pada cara pemanggangan. Pelajari panas oven Anda agar hasilnya betul-betul sempurna. 

-- Sus kering yang kurang renyah dapat dioven kembali setelah dingin.


Demikian Bunda tips ringan tentang kue sus dari PAWONDINA kali ini. Kalau ada komentar jangan ragu tulis di kolom komentar ya, kita bisa berbagi pengetahuan agar makin top markotop bikin kuenya.




Mau order di PAWONDINA silakan pilih:
frozen
kue basah
snack

Artikel Terkait

Komentar