Terkini

Roti Gandum Bebas Gluten, Masa Sih?

Pasta Tiruan Mie dari China?


Bentuk pasta yang serupa dengan mie, diyakini sebagai “oleh-oleh”Marcopolo  dari perjalanannya ke negeri tirai bambu. Kemudian diadaptasi menjadi makanan asli Italia. Kreasi cerita ini semakin kuat saat Macaroni Journal menulis dalam newsletter-nya dan tersebar ke penjuru dunia, sehingga dicap menjadi bukti otentik asal muasal pasta. Apakah benar demikian?



pasta makaroni enak dari italia
Sajian pesta nan lezat menggoda (Foto: Eneida Nieves from Pexels)


Asal mula pasta hingga kini masih diperdebatkan. Lantaran bentuknya mirip dengan mie dari China, diyakini bahwa pasta sesungguhnya bukan asli Italia. Diperkuat dengan dugaan saat Marcopolo, dari Italia melintasi jalan sutra ke China. Alhasil,  banyak orang beranggapan pasta sebenarnya adaptasi mie yang dibawa Marcopolo pulang ke negerinya, dan kemudian jadi makanan khas bangsanya hingga kini.

Namun, dalam beberapa penelitian, terkuak bukti-bukti baru tentang asal pasta. Dalam catatan peninggalan sejarah kuno bangsa Romawi, ternyata pasta sudah lama ada sebelum Marcopolo pergi ke China.

Dulu kala, etnis Etrusco ( Etruscian) di Roma telah mengenal “mie” yang dibuat dari gandum. Mereka menyebutnya “Lagane” – makanan ini merupakan ucapan kuno dari “Lasagna” – yang prosos pembuatannya berbeda dengan pasta yang kita kenal sekarang. Lagane tidak dimasak / direbus, melainkan dimasukan ke dalam oven.

Pada abad ke-8 Masehi ketika bangsa Arab masuk ke Eropa, mereka membawa “cara” masak yang baru, yaitu direbus. Dari sini, proses pembuatan pasta seraya berubah total. Semenjak masa tersebut, ratusan jenis pasta semakin berkembang pesat. Walau sesungguhnya setiap daerah di Italia sudah memiliki jenis pasta yang khas.

Bumbu atau rempah-rempah yang dibawa dari negeri “Timur” kemudian banyak digunakan dalam masakan pasta. Pengaruh Arab kentara sekali terlihat dalam proses masak orang Sicilia.

Di abad 14 M, pasta diproduksi besar-besaran di Italia. Di era tersebut, dry pasta (pasta kering) sudah umum dijumpai dimana-mana. Apalagi dry pasta menjadi menu utama para pelaut Italia yang berlayar jauh, karena sanggup tahan berbulan-bulan.



Bumbu Pasta
Pasta yang perfect pada awalnya hanya memiliki tiga ciri utama, yaitu: olahan pasta yang tepat, minyak zaitun dengan mutu utama, dan keju terbaik. Walau sampai sekarang tiga ciri tersebut masih berlaku, namun perkembangan pasta jauh meningkat dalam hal variasi rupa dan sajian.

Bumbu-bumbu tambahan seperti tomat dan lainnya kemudian menjadi pelengkap. Diperkirakan, pasta tomat masuk ke Italia di abad 19 M. Mengapa begitu lama waktu yang diperlukan “tomat” menjadi pelengkap pasta? Kenyataannya, tomat yang dibawa dari “benua baru” Amerika ke Eropa tidak serta merta diterima masyarakat. Saat itu  tomat dianggap sebagai buah beracun. Barulah pada 1839 tercatat sebagai perkembangan yang maha penting dalam dunia pasta. Di masa tersebut, resep baru “pasta dengan tomat” mulai dikenal luas.

Sekarang, bagi orang Italia - atau penggemar masakan Italia - bumbu maupun rempah seperti kayu manis, lada (termasuk lada hitam), cabai merah kering, wajib ada di lemari dapur. Ditambah lagi jenis dedaunan segar seperti seledri, peterseli, rosemary, basil, juga menjadi bahan penting. Tak lupa tentu mayones, minyak zaitun, keju mozarella, pasta tomat, dan minyak jagung. Mengenai minyak jagung, bahan masakan ini selalu dipakai orang Italia dalam menggoreng makanan.



Setiap orang Italia Pintar Bikin Pasta
Kebiasaan makan orang Italia berbeda dengan kita di Indonesia. Bila kita memiliki waktu “makan besar” sebanyak tiga kali, orang Italia umumnya hanya makan besar dua kali. Untuk sarapan, mereka lebih memilih cappuccino dan beberapa potong kue. Karena alasan itulah, waktu makan “utama” bagi mereka sangat penting. Di waktu-waktu tersebut merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Tidak heran, banyak orang Italia yang pintar memasak pasta.

Bagaimana dengan negeri kita? Pasta masuk ke Indonesia sebenarnya sejak Belanda membawa makanan tersebut dari Eropa. Namun kepopuleran pasta baru terlihat belakangan ini, hingga sekarang kita bisa menjumpai rumah makan Italia mulai beretebaran di seluruh pelosok Nusantara.





Ingin order di PAWONDINA klik di sini


Artikel Terkait

Komentar