Terkini

Roti Gandum Bebas Gluten, Masa Sih?

Setelah Makan Harus Lakukan Ini

Selama ini kita hanya tahu pentingnya menyikat gigi setelah makan. Ternyata, ada aktivitas yang juga harus kita lakukan, yakni: berkumur.

Mengapa kumur-kumur penting? Menurut ahli kesehatan, drg. Bambang Nursasongko, SpKG (K) dari IKORGI UI, gunanya agar tak ada makanan yang menempel di gigi, sehingga dapat mencegah bau mulut, karang gigi, hingga gigi menguning.


menuang air di pawondina
Foto: Geoffrey Whiteway



"Makanan setelah 2-3 jam lengket. Habis makan berkumur. Analoginya, gigi dan mulut bukan mobil sedan melainkan traktor off roader. Setelah terkena lumpur, lumpur sebelum mengeras harus disemprot menggunakan air," ujarnya, seperti dinukil dari Antara.

Cara berkumur yang benar, lanjut Bambang, yakni mengocok (mengulum) air di dalam mulut selama beberapa menit lalu dibuang. Biarkan air mengalir di sela-sela gigi untuk mengangkat sisa makanan.

Berkumur dapat dilakukan setiap habis makan. Beda dengan menyikat gigi. Aktivitas ini tak boleh terlalu sering karena dikhawatirkan mengikis email gigi. Jadi gosok gigi sebaiknya hanya dua kali sehari, pagi hari sekitar setengah jam seusai sarapan serta sebelum tidur panjang di malam hari.

Mengapa harus menunggu setengah jam? Drg Bambang menjelaskan, "Habis makan mulut menjadi asam. Ibarat garam terkena air bisa hancur. Tunggu setengah jam dulu supaya saliva (air ludah) menetralisir."

Satu lagi yang patut diingat, kata Bambang, hindari minuman karbonat atau bersoda agar gigi tak mudah terkikis. Kalaupun terpaksa, jangan sering-sering. Toh, lebih sehat minum air putih, kan?







Artikel Terkait

Komentar